Benarkah Virus Corona Menular Lewat Game Free Fire (FF)?

Posted on

Pemerintah Indonesia sekarang ini tengah repot hadapi penebaran virus Corona yang demikian masif. Di waktu yang sama juga pemerintah lewat Kominfo ikut mengambil sisi dalam usaha perang menantang penebaran kabar hoaks berkaitan virus Corona yang dapat menyebar melalui game Free Fire ((F) yang menebar luas di warga.

Ditengah-tengah menjalarnya epidemi virus Corona tersebar info yang menyebutkan virus Corona dapat menyebar melalui game Free Fire. Dalam info itu disebut jika orang yang bermain game FF rawan terserang penyebaran virus corona. Berikut ceritanya “WASPADA! VIRUS CORONA BISA MENULAR LEWAT GAME FREE FIRE”. Apakah benar demikian? Silahkan kita cek bukti nya.

Penelusuran

Masuknya epidemi virus corona ke Indonesia akhir-akhir ini membuat umumnya warga Indonesia tiba-tiba jadi figur cendekiawan seperti pakar kesehatan. Apa saja masalah yang ada, tetap ada info tidak biasa dari warga Indonesia yang terlalu pintar ini.

Seperti diketahui, info yang menyebutkan virus Corona dapat menyebar melalui game. Free Fire jadi ramai dibahas sesudah diupload di situs sosial media Facebook. Account yang menebarkan kabar menyimpang dengan cerita yang menyebutkan virus Corona dapat menyebar melalui game Free Fire itu ialah account Ryn, pada 27 Januari 2020 kemarin. 

Dalam unggahnnya yang dibarengi gambar seperti judul kabar media online game Free Fire dinarasikan seperti benda hidup yang bisa menyebarkan virus corona pada penggunanya. Account itu ikut memberi caption anjuran untuk tidak bermain game Free Fire (FF).

Info menyimpang lain nya terpantu di Twitter semenjak tanggal 24-25 Januari 2020. Ciutan mengenai virus Corona Wuhan dapat menebar melalui hp Xiaomi dibikin oleh account @coromodol. Sama dengan Ryn, account tidak bertanggungjawab itu minta warga supaya sesudah bersalaman sama orang yang menggunakan HP Xiaomi untuk selekasnya membersihkan tangan.

Cek Fakta

Klaim Info berkaitan virus Corona dapat menyebar melalui game Free Fire mendapatkan bantahan keras dari Achmad Yurianto sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Penjagaan serta Pengaturan Penyakit. Dalam situs situs sah Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto menjelaskan jika kabar yang menyebutkan virus corona bisa menebar melalui benda mati tidak betul.

Menurut dia, penebaran virus Corona lewat barang sangat rendah. Serta pria yang akbrab di sapa Yuri ini pastikan jika virus tidak bisa hidup serta menyebar lewat benda mati. Selanjutnya Yuri mengibaratkan virus seperti benalu yang memerlukan penghubung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *