Exynos 981 dengan Bluetooth 5.2 Sudah Lolos Sertifikasi Bluetooth SIG

Posted on

Exynos 981 dengan Bluetooth 5.2 Sudah Lolos Sertifikasi Bluetooth SIG – Saat ini Samsung, raksasa elektronik asal Korea Selatan sedang dalam perjalanan untuk meluncurkan smartphone flagship berikutnya, seri Galaxy S21 pada tahun 2021. Namun, hingga saat ini, Samsung belum sama sekali memperkenalkan SoC yang mendukung perangkat baru tersebut.

Exynos 981 dengan Bluetooth 5.2 Sudah Lolos Sertifikasi Bluetooth SIG

Bocoran awal yang beredar di internet menyebutkan bahwa chipset andalan berikutnya dari Samsung akan diberi nama Exynos 2100. Dan sekarang, sertifikasi terbaru menunjkkan bahwa seri Exynos lain mungkin sedang dalam tahap pengerjaan oleh Samsung.

Seperti dilaporkan oleh MySmartPrice, nama baru Exynos 981 telah muncul di Bluetooth SIG Certification, yang merupakan organisasi nirlaba terkait dengan standarisasi sebuah perangkat. Adalah Samsung Cambridge Solution Centre (SCSC) yang merupakan bagian dari Samsung Electronics yang telah mengajukan daftar SoC tersebut.

Dari deskripsi yang telah dipublikasikan pada tanggal 30 Oktober 2020 lalu menyebutkan bahwa Exynos 981 dapat digabungkan dengan solusi RF yang kompatibel untuk membangun solusi BT (Bluetooth) + WiFi. Chipset tersebut juga telah mendukung Bluetooth 5.2.

Jika Samsung meluncurkan seri Exynos terbarunya itu dengan standar Bluetooth 5.2, jelas ada sedikit peningkatan dari standar yang ada saat ini pada SoC Exynos 980 dan 990. Meskipun demikian, tidak ada informasi lebih lanjut tentang chipset baru tersebut.

Jika kita ingat, SoC kelas menengah, Exynos 980 telah memiliki modem 5G

Yang terintegrasi dan ini adalah chipset pertama dari Samsung yang telah disokong teknologi konektivitas 5G di dalamnya. Selain itu, chipset tersebut juga diadopsi oleh OEM lain seperti Vivo yang mengembangkan vivo X30.

Tak sedikit pengamat teknologi, terutama mereka yang berkutat di industri chipset mobile memperkirakan bahwa Samsung akan kembali memposisikan Exynos 981 sebagai chipset kelas menengah ke atas. Artinya, chipset ini memang sengaja diprodksi oleh Samsung sebagai penerus Exynos 980.

Namun, direktur Samsung Semiconductor China Research Institute, Dr. Pan Xuebao baru-baru ini mengatakan sesuatu yang juga cukup mengejutkan. Dikatakan, Samsung dalam waktu dekat akan segera meluncurkan Exynos 1080, chipset yang dibangun dengan fabrikasi 5nm.

Chipset atau SoC tersebut juga dikatakan akan ditempatkan di segmen menengah ke atas. Dan mungkin akan menjadi otak bagi smartphone kelas menengah. Namun demikian, kita harus tetap menunggu dan melihat apakah SoC Exynos 981 benar-benar. Nyata dan bagaimana posisinya (jika SoC 981 dan 1080 diluncurkan secara terpisah) di pasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *